Khotbah Minggu Sore NOVEMBER - DESEMBER 2010

Gereja Pentakosta di Indonesia - Cianjur

Jalan Hasyim Asyari 75, Cianjur 43214. Tel (62-263) 261161 - Indonesia

Minggu, 14 November 2010

TUHAN MENGUNJUNGI

Yeremia

15:15 Engkau mengetahuinya; ya TUHAN, ingatlah aku dan perhatikanlah aku,

Kalau saudara baca ayat ini seolah-olah Tuhan tidak perhatikan orang Israel. Maka nabi Yeremia itu berkata, oh Tuhan Engkau mengetahui.

Yang pertama kita belajar, Tuhan yang kita sembah disebut Allah yang Mahatahu, Allah yang mengetahui. Dia tahu. Sebetulnya kalau saudara sudah kenal Dia saudara tidak usah bilang ada ekonomi yang sulit, ekonomi yang susah. Dia tahu. Dia tahu yang pelit, Dia tahu yang suka memberi. Pokoknya Dia tahu saja.

Yeremia berkata begini, ingatlah aku Tuhan. Ini yang ngomong nabi. Tapi pernah satu rampok ngomong sama Yesus, rampok di sebelah Yesus, dia ngomong begini. Mula-mula dia ngomong sama rampok yang sebelahnya lagi: Kamu tidak boleh menghina Yesus, Dia nggak ada salah disalib, kalau kita memang punya salah disalib, kata rampok yang satu ini. Jadi dia ngomong sama Yesus: Ya Yesus, kalau Engkau pergi ke Firdaus, ingatlah saya. Maka Yesus sebelum mati Dia berkata: Hari ini kamu dan Aku bersama-sama di dalam firdaus.

Rampok itu nggak pernah ke gereja, rampok itu belum dibaptis, dia jahat dan dia harus dihukum mati. Sebelum mati dia bilang: Ingatlah saya.

Apalagi saudara sudah kenal Yesus, apalagi renungan tadi menyebutkan kita adalah anak-anak Tuhan,

Jadi jangan sampai saudara bilang Tuhan tidak memperhatikan saya, aduh gereja tidak memperhatikan saya. Eh, jangan harap gereja. Gereja mah sudah gagal. Gereja mana juga nggak bisa mengenal Yesus melalui gereja. Lalu ayat itu ada kata 'perhatikanlah Aku'. Dalam salinan lain dipakai kata visit ... mengunjungi. Sekarang adalah tahun kunjungan Indonesia.

Visit me ... kunjungi saya. Tuhan kunjungi saya, datangi saya. Dan Dia bukan hanya maha tahu, Dia juga maha hadir, amin? Dia ada di gang, Dia ada di kota besar, Dia ada di rumah kecil, Dia ada di rumah besar, Dia ada di jalan sempit, Dia ada di jalan raya, Dia ada di mana, di manapun saudara memanggil Dia, Tuhan kunjungi saya. Dia pasti mengunjungi saudara. 

Di dalam kitab Kejadian

50:22 Adapun Yusuf, ia tetap tinggal di Mesir beserta kaum keluarganya; dan Yusuf hidup seratus sepuluh tahun.
50:23 Jadi Yusuf sempat melihat anak cucu Efraim sampai keturunan yang ketiga; juga anak-anak Makhir, anak Manasye, lahir di pangkuan Yusuf.
50:24 Berkatalah Yusuf kepada saudara-saudaranya: "Tidak lama lagi aku akan mati; tentu Allah akan memperhatikan kamu dan membawa kamu keluar dari negeri ini, ke negeri yang telah dijanjikan-Nya dengan sumpah kepada Abraham, Ishak dan Yakub."
50:25 Lalu Yusuf menyuruh anak-anak Israel bersumpah, katanya: "Tentu Allah akan memperhatikan - Katanya sama juga - kamu; pada waktu itu kamu harus membawa tulang-tulangku dari sini."
50:26 Kemudian matilah Yusuf, berumur seratus sepuluh tahun. Mayatnya dirempah-rempahi, dan ditaruh dalam peti mati di Mesir.

Saya ingin memberitahu sama saudara, belum tentu loh orang yang hidup berkenan kepada Tuhan dikasih umur panjang, belum tentu. Belum tentu orang jahat itu umurnya pendek, belum tentu. Ini sebelum meninggal dia ngomong dulu sama saudara-saudaranya berarti saudara-saudaranya masih hidup. Jadi dari 12 saudara, Yusuf itu nomor 11. Nomor 12 Benyamin. 10 saudaranya lebih tua dari dia, loh. Dia cuma 2 bersaudara anak dari ibunya ini, Yusuf dan Benyamin. Dia umur 110 tahun, dia sudah tahu dia akan meninggal. Ini luar biasa, saudara. Dia bilang begini, tidak lama lagi aku akan meninggal.  

Jadi meninggal bagi anak Tuhan bukan hal yang menyedihkan. Tuhan tahu keadaan saudara. Tuhan tahu kita. Makanya Dia bilang: hei Zakheus, turun. 

Yusuf tahu aku mati tapi kamu jangan takut karena saudaranya itu makan dari tangan Yusuf, hidup dari tangan Yusuf, tanah dikasih Firaun karena Yusuf. Bisa makan karena Yusuf. Tapi jangan takut, aku akan meninggal aku akan mati tapi jangan takut, Tuhan pasti mengunjungi kamu.

Jadi kalau ada di antara kita keluarga kita meninggal, suami kita meninggal ... jangan takut.

Ingat ya untuk meninggal itu tidak urutan umur. Umur dari yang paling tua dulu siapa yang meninggal, nggak bisa. Saya mengubur anak yang 2 bulan sudah, mengubur anak yang 1.5 tahun sudah, mengubur anak yang baru 10 tahun sudah. Mengubur pemudi yang 16 tahun sudah. Anak Tuhan semua. Umur yang 20 tahun sudah ... yang 40 tahun sampai 50 tahun paling banyak ... Di atas 70 tahun ada 3-4 orang.

Jadi dimana rahasianya ini Yusuf bilang? Tuhan yang pelihara kamu, Tuhan yang jaga kamu. Bukan Yusuf. Memang nama Yusuf, Firaun ganti jadi Zafnat-Paaneah, artinya pemelihara hidup. Tapi Yusuf dalam satu bagian pelajaran kita adalah bayangan Tuhan Yesus. Bukankah Yesus pemelihara hidup? Dia bilang, Akulah jalan, kebenaran dan hidup. Jadi kalau saudara terima Yesus, jangan takut soal kehidupan, Dia pasti pelihara kita, Dia pasti mengunjungi kita. Tiga kali Dia ngomong, yakin Bapa atau Allah akan mengunjungi kamu. Kakaknya belum ada yang mati. Yusuf meninggal dulu. Kenapa? Karena semua saudaranya termasuk orang tuanya bagaimana Yusuf saja. Semuanya bagaimana Yusuf.

Sekarang yang kita andalin meninggal tapi yang diandalinnya ini dia kenal Tuhan: Pasti Tuhan mengunjungi kamu. Dalam kitab Keluaran

3:4 Ketika dilihat TUHAN, bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: "Musa, Musa!" dan ia menjawab: "Ya, Allah."
3:5 Lalu Ia berfirman: "Janganlah datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus."
3:6 Lagi Ia berfirman: "Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub." Lalu Musa menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah.
3:7 Dan TUHAN berfirman: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan oleh pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka.
3:8 Sebab itu Aku telah turun -
Saudara senang Tuhan turun? - untuk melepaskan mereka dari tangan orang Mesir dan menuntun mereka keluar dari negeri itu ke suatu negeri yang baik dan luas, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya, ke tempat orang Kanaan, orang Het, orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus.

Jadi Tuhan turun. Tuhan mengunjungi orang Israel yang lagi dijajah dalam kesulitan kesukaran, Tuhan turun. Tuhan tidak tega Dia lihat umat-Nya susah. Dia turun untuk melepaskan bahkan menuntun. Maka rahasia kita meminta Tuhan masuk ke dalam usaha kita, masuk ke dalam rumah tangga kita, masuk ke dalam studi kita, masuk ke dalam cara hidup kita, masuk ke dalam kita punya keberadaan, masuk dalam segala bidang kehidupan kita. Berpikir kita biar Tuhan masuk supaya kita memiliki pikiran Kristus, pekerjaan kita pekerjaan yang dikehendaki Tuhan, tidak nyeleweng tidak kacau balau sebab Tuhan mengunjungi kita. Lukas

24:13 Pada hari itu juga dua orang dari murid-murid Yesus pergi ke sebuah kampung bernama Emaus, yang terletak kira-kira tujuh mil jauhnya dari Yerusalem,
24:14 dan mereka bercakap-cakap tentang segala sesuatu yang telah terjadi.
24:15 Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka.
24:16 Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia.
24:17 Yesus berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu percakapkan sementara kamu berjalan?" Maka berhentilah mereka dengan muka muram.
24:18 Seorang dari mereka, namanya Kleopas, menjawab-Nya: "Adakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, yang tidak tahu apa yang terjadi di situ pada hari-hari belakangan ini?"
24:19 Kata-Nya kepada mereka: "Apakah itu?" Jawab mereka: "Apa yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret. Dia adalah seorang nabi, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.
24:20 Tetapi imam-imam kepala dan pemimpin-pemimpin kami telah menyerahkan Dia untuk dihukum mati dan mereka telah menyalibkan-Nya.
24:21 Padahal kami dahulu mengharapkan, bahwa Dialah yang datang untuk membebaskan bangsa Israel. Tetapi sementara itu telah lewat tiga hari, sejak semuanya itu terjadi.
24:22 Tetapi beberapa perempuan dari kalangan kami telah mengejutkan kami: Pagi-pagi buta mereka telah pergi ke kubur,
24:23 dan tidak menemukan mayat-Nya. Lalu mereka datang dengan berita, bahwa telah kelihatan kepada mereka malaikat-malaikat, yang mengatakan, bahwa Ia hidup.
24:24 Dan beberapa teman kami telah pergi ke kubur itu dan mendapati, bahwa memang benar yang dikatakan perempuan-perempuan itu, tetapi Dia tidak mereka lihat."
24:25 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!
24:26 Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?"
24:27 Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.

Sampai disitu murid belum kenal siapa Yesus. Disebut bodoh. Sudah dengar dua berita Yesus sudah bangkit mati, mereka sudahlihat tidak ada mayat Yesus. Yesus sudah bangkit. Sebetulnya baru tiga hari mereka harus percaya tapi kaya ada yang menutupi.

24:17 Yesus berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu percakapkan sementara kamu berjalan?" Maka berhentilah mereka dengan muka muram.

Dia terangkan Alkitab loh dari kitab Kejadian sampai kitab para nabi sampai Maleakhi. Dia terangkan, Dia bikin PA, Dia bikin perlajaran Alkitab dari Kejadian. Saya kasih pelajaran surat Petrus saja ayat per ayat kata perkata, aduh berapa bulan kita baru bisa selesai sebab seminggu sekali. Yesus hanya beberapa jam Dia bisa selesaikan dari kitab Musa sampai kitab Maleakhi, tentang Dia tentang Yesus bahwa Mesias harus disalib dan mati pada hari ketiga Dia bangkit. Sampai situ masih belum mengerti. Sudah disebut bodoh, pikiranmu tumpul. Masih belum kenal. 

Maka saya jarang dah nyikat-nyikat kaya pendeta zaman dulu. Kalau nyikat itu bukan Roh Kudus. Daging kita. Kita arahkan khotbah kita buat si itu buat si itu, itu bukan Roh Kudus. Yesus saja terangkan tetap saja orang tidak ngerti mah tetap nggak ngerti aja. Molohok mah molohok we. Ini Aku Yesus ... nggak kenal. Lalu ayat 28,

24:28 Mereka mendekati kampung yang mereka tuju, lalu Ia berbuat seolah-olah hendak meneruskan perjalanan-Nya.
24:29 Tetapi mereka sangat mendesak-Nya, katanya: "Tinggallah bersama-sama dengan kami, sebab hari telah menjelang malam dan matahari hampir terbenam." Lalu masuklah Ia untuk tinggal bersama-sama dengan mereka.
24:30 Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka.
24:31 Ketika itu terbukalah mata mereka dan merekapun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.

Jadi Yesus melayani hanya untuk matanya dibukakan. Kalau Yesus masuk dalam rumah kita, sesuatu yang baru terjadi. Kalau Yesus masuk dalam hati kita, mujizat terjadi. Lukas

24:32 Kata mereka seorang kepada yang lain: "Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?"
24:33 Lalu bangunlah mereka dan terus kembali ke Yerusalem. Di situ mereka mendapati kesebelas murid itu. Mereka sedang berkumpul bersama-sama dengan teman-teman mereka.
24:34 Kata mereka itu: "Sesungguhnya Tuhan telah bangkit dan telah menampakkan diri kepada Simon."
24:35 Lalu kedua orang itupun menceriterakan apa yang terjadi di tengah jalan dan bagaimana mereka mengenal Dia pada waktu Ia memecah-mecahkan roti.

Begitu tahu Yesus, begitu kenal Yesus, kembali ke Yerusalem. Saudara pulang jangan muram-muram lagi. Tuhan tahu dompet saudara isinya tinggal KTP, Dia tahu isinya dompet saudara banyak kartu-kartu nama, voucher-voucher bekas, Dia sudah tahu. Buang voucher yang lama ambil yang baru.

Zakheus mau lihat Yesus susah. Wah, dia lari mendahului, naik ke atas pohon.     

Orang banyak yang menghalangi kita dari Yesus. Orang banyak yang mengkritik Yesus kenapa masuk di rumah Zakheus. Zakheus itu cuma mau lihat Yesus itu kaya apa. Kaget Zakhues: Zakhues, Aku hari ini akan tinggal di rumahmu. Aduh itu Zakheus. Silahkan Tuhan Yesus. Dengan sukacita. Yesus belum khotbah Dia baru duduk, setengah harta hamba hamba mau kasih sama orang miskin Tuhan dan kalau ada yang saya tipu saya ganti empat kali lipat. Itu cuma Yesus masuk ke dalam rumah, Zakheus langsung separuh hartanya dikasih sama orang miskin. Orang yang dia peras diganti empat kali lipat. Memang dalam hukum Taurat kalau orang tidak bawa perpuluhan, lalu mau ganti dia musti tambah 20 persen, seperlima. Dia empat ratus persen. Yesus masuk di rumahnya nggak khotbah nggak minum; Dia cuma masuk di rumah, perubahan terjadi.  

Saya tidak percaya saudara akan tetap sama kalau Yesus masuk di hati saudara. Saudara akan berubah menjadi orang yang baru orang yang lain. Sebagai ayat terakhir II Korintus    

5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Yang basi yang apek yang asam yang bau ... sudah lewat, yang baru - barangnya sama tapi baru - yang wangi yang sehat sudah datang. Maka saya katakan sama murid saya, kalau sekolah masuk kelas pakai odorono, pakai minyak wangi. Ketika dia pakai itu, yang lama yang bau asam yang bau tengik yang tidak baik sudah lewat, yang baru yang pakai odorono yang wangi sudah datang. 

Puji Tuhan, dalam Yesus yang apek yang bau yang basi yang kadaluarsa sudah lewat. Dulu Giok yang lama, sekarang Giok yang baru, dulu Giok yang asem sekarang Giok yang manis. Maka jangan datang dengan cemberut ke gereja.

Pemain musik.

-- o --   

 _________________________ 

 

(Kembali ke Halaman Utama)

_________________________